Home Hidup Sehat Manfaat Madu Yang Luar Biasa dan Jarang Diketahui

Manfaat Madu Yang Luar Biasa dan Jarang Diketahui

by Umi Aga
Manfaat Madu Yang Luar Biasa dan Jarang Diketahui

Manfaat Madu yang Luar Biasa dan Jarang Diketahui – Tahukah kamu bahwa di detik-detik sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno Bapak Proklamator sempat minum madu arab? Yups, madu itu adalah kiriman dari Faradj bin Said bin Awadh Martak. Seorang saudagar Arab kelahiran Hadramaut, Yaman yang menghibahkan rumahnya di Jl. Pegangsaan Timur 56 tempat proklamasi kemerdekaan. Madu itulah yang menurut Sang Proklamator memberinya stamina dan membantunya pulih dari kelelahan.

Sejak dahulu kala, madu menjadi salah satu makanan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Khasiat madu telah tertulis dalam Al Quran Surat An Nahl ayat 69: “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir”

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Khasiat madu juga disebutkan dalam sebuah hadist. Rasulullah Saw. bersabda: “Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur’an dan madu.” (HR. Ibnu Majah).

Dalam berbagai penelitian modern, madu terbukti secara ilmiah memiliki kandungan nutrisi dan zat-zat yang bermanfaat bagi manusia dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di dalam 100 gram madu terdapat beragam zat dan nutrisi antara lain: Protein: 0,3 gram, Karbohidrat: 79,5 gram, Serat: 0,2 gram, Kalsium: 5 mg, Fosfor: 16 mg, Besi: 0,9 mg, Natrium: 6 mg, Kalium: 26,9 mg, Tembaga: 0,04 mg, Seng: 0,2 mg, Riboflavin atau vitamin B2: 0,04 mg, Niacin atau vitamin B3: 0,1 mg, dan Vitamin C: 4 mg.

Manfaat Madu Berdasarkan Penelitian Sains Modern

Keajaiban madu telah diungkapkan dalam berbagai studi sains modern yang telah melakukan penelahaan lebih mendalam atas penggunaan madu. Berikut ini adalah beberapa penelitian dan studi ilmiah tentang madu rangkuman redaksi annidafashion.com.

Penelitian Manfaat Madu Yang Luar Biasa dan Jarang Diketahui

Penelitian Manfaat Madu Yang Luar Biasa dan Jarang Diketahui

Sebuah studi di Afrika Barat menyebutkan bahwa penyembuhan luka operasi pada organ kelamin wanita (Vulvectomy) akibat kanker, memerlukan waktu yang lebih cepat dengan menggunakan madu. Madu bermanfaat dalam menyembuhkan luka bakar dan infeksi bekas operasi. Sifat madu yang sangat liat, mampu menyerap kandungan air di sekitar jaringan kulit yang terbakar.

Baca juga:  Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Kamu Ketahui

School of Medicine, Cardiff University, Inggris, melakukan penelitian tentang manfaat dan khasiat madu. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa madu merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas. Terangsangnya produksi sel imun memicu metabolisme tubuh menjadi lebih kuat. Sel imunitas ini secara tidak langsung membuat stamina tubuh bertambah sehingga tubuh lebih bertenaga.

Dalam penelitian ini, madu juga mampu melawan bakteri jahat dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi madu, bakteri yang membuat tubuh gampang terserang penyakit bisa teratasi. Dengan begitu, tidak hanya menguatkan sistem imunitas tubuh manusia, madu mampu melindungi tubuh dari infeksi virus atau bakteri yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Khasiat Madu Yang Luar Biasa

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Oxford yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, mengatakan bahwa ketika anak-anak batuk, mengonsumsi madu ketika dalam bentuk murni tanpa tambahan zat aditif, mampu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) karena sifat madu yang antimikroba.

Akan tetapi, dokter di Turki dan Asosiasi Profesional Dokter Anak Jerman mengatakan bahwa anak usia di bawah 1 tahun tidak boleh mengkonsumsi madu. Zeynep Gül Hallaçoğlu, dokter Spesialis Kesehatan dan Penyakit Anak mengatakan madu mengandung bakteri Clostridium Botulinum yang memproduksi racun pada usus bayi. Racun ini menyebabkan Botulisme, yakni penyakit langka yang dapat menyebabkan kelumpuhan otot dan pernafasan.

Baca juga:  5 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Peter Molan, peneliti di Salman bin Abdulaziz Universitas, Arab Saudi mengatakan bahwa madu yang mengandung zat anti inflamasi mampu bekerja efektif dalam menyembuhkan ulkus mulut atau sariawan. Dalam lansiran di laman Prevention, madu mengandung zat anti-bakteri yang kuat serta mampu meningkatkan pertumbuhan jaringan dalam penyembuhan luka. Lebih lanjut, Dr Molan menjelaskan bahwa manfaat dan khasiat madu tergantung pada kualitas dan jenis madu.

Masih banyak lagi hasil penelitian dan studi ilmiah tentang madu yang telah terpublikasikan di media maupun jurnal medis ilmiah internasional. Tetapi secara umum madu memiliki khasiat dan manfaat antara lain: Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu mencegah kanker; Zat Falvonoid pada madu mampu menjaga kesehatan jantung sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke; Madu juga berkhasiat untuk wajah atau kecantikan.

Nah, itulah beberapa penelitian dan studi ilmiah sains modern yang mengungkap khasiat dan manfaat madu. Khasiat dan manfaat madu tentu saja akan kita rasakan secara maksimal jika kita mengkonsumsinya secara rutin dan tentu saja madu dengan jenis dan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat. *Dikutip dari berbagai sumber

0 comment

You may also like

Leave a Comment