Home Hidup Sehat Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Kamu Ketahui

Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Kamu Ketahui

by Umi Ririn
Manfaat Buah Pisang Yang Wajib Kamu Ketahui

Buah menjadi salah satu makanan favorit untuk dikonsumsi karena banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Konsumsi buah sangat dianjurkan sebagai penyeimbang asupan tubuh. Segudang manfaat bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah-buahan secara langsung, khususnya pisang yang mengandung gizi.

Pisang adalah makanan sehat dan lezat. Harganya pun murah dan mudah didapat. Mulai dari supermarket hingga pasar tradisional, kita bisa mendapatkan pisang di mana-mana. Nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah pisang tentu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Pisang juga punya segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Pisang Mencegah Stroke

Buah pisang menjadi salah satu buah yang banyak digemari orang. Namun, di balik rasanya yang manis, pisang pun mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalium), dan magnesium.

Manfaat pisang untuk kesehatan

Manfaat pisang untuk kesehatan

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa rajin makan pisang dan mengurangi keripik dapat mencegah stroke. Potasium (kalium) yang terkandung dalam pisang dapat menurunkan tekanan darah, sementara keripik pisang mengandung banyak garam yang dapat menaikkan tekanan darah. Kombinasi kedua hal itu dapat mencegah serangan stroke.

Penelitian lain menemukan bahwa orang dengan cukup asupan potasium memiliki risiko stroke 24 persen lebih kecil. Namun, para peneliti sebelumnya menemukan bahwa konsumsi potasium pada orang tua dapat berbahaya karena menyebabkan penurunan fungsi ginjal sehingga tidak dapat menghilangkan sisa-sisa potasium dari darah.

Kandungan Pisang Mencegah Stroke

Tetapi hal tersebut dibantah lewat penelitian lain. Para peneliti mengatakan potasium tidak berpengaruh negatif terhadap fungsi ginjal. Mereka menyebutkan ada bukti sangat kuat bahwa mengkonsumsi makanan sumber potasium berdampak positif bagi mereka yang menderita hipertensi.

Para peneliti menganalisis 128.000 orang hingga lebih dari 33 kali percobaan. Mereka menemukan bahwa aman mengonsumsi lebih banyak mineral, misalnya rajin makan pisang. Pisang adalah salah satu makanan yang kaya potasium. Masing-masing mengandung 420 mg, dan setiap harinya orang dewasa disarankan mengonsumsi 3.500 mg.

Penelitian lain menemukan bahwa mengurangi asupan garam dalam empat minggu atau lebih secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah. Sehingga hal itu dapat menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terbesar untuk stroke. Mengubah pola makan menjadi lebih sehat dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

Selain buah pisang, ada beberapa buah yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Buah apa sajakah itu? Simak dalam artikel 3 buah yang paling bermanfaat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

0 comment

You may also like

Leave a Comment