Home Hidup Sehat Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Luar Biasa

by Umi Aga
Manfaat daun Kelor untuk kesehatan

Daun Kelor adalah “miracle tree” alias pohon keajaiban. Dia memiliki deretan manfaat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan maupun kecantikan. Pohon bernama latin Moringa Oleifera ini sudah sejak lama menjadi makanan dan obat herbal berbagai macam penyakit degeneratif yang berbahaya.

Daun kelor kering mengadung protein 27 % menjadi salah satu makanan berkualitas yang sangat menjanjikan. Daun kelor yang kaya akan protein adalah bahan-bahan makanan berkwalitas yang relatif mudah diproduksi, mudah ditanam di tanah tegalan atau bahkan tanah yang relatif kering sekalipun. Pengolahan daunnya relatif mudah, cukup direbus dijadikan sayuran siap disajikan sebagai makanan keseharian.

Kandungan Daun Kelor

Dalam jurnal Buletin Pertanian Perkotaan menyebut daun kelor sebagai Mother’s Best Friend dan Miracle Tree karena memiliki nilai gizi yang tinggi serta banyak memiliki khasiat dan manfaat. Jurnal ilmiah ini menyebutkan bahwa daun kelor sangat kaya nutrisi, kandungan antioksidannyasangat tinggi, dan memiliki manfaat santimikroba. Tanaman yang mudah tumbuh ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B dan vitamin C.

Mengutip beberapa penelitian dalam jurnal tersebut, daun kelor penuh nilai gizi yang sangat lengkap. Komponen gizi dalam daun kelor segar adalah Kadar air: 94,01 persen, Protein: 22,7 persen, Lemak: 4,65 persen, Karbohidrat: 51,66 persen, Serat: 7,92 persen, Kalsium: 350-550 mg. Sedangkan kandungan daun kelor kering komponen gizinya sebesar: Kadar air: 4,09 persen, Protein: 28,44 persen, Lemak: 2,74 persen, Kadar abu: 7,95 persen, Karbohidrat: 57,01 persen, Serat: 12,93 persen, Kalsium: 1.600-2.200 mg, Energi: 307,30 Kilokalori per 100 gram.

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor

Dari kandungan nilai gizi tersebut, pasti tersimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, untuk mengetahui khasiat dan manfaat daun kelor bagi kesehatan serta kecantikan simak selengkapnya pada tulisan berikut ini!

Anti Kanker

Ekstrak daun kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami untuk kanker. Kandungan antioksidan dan potasium di dalam daun kelor sangat tinggi, sehingga membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.

Manfaat daun Kelor untuk anti kanker

Manfaat daun Kelor untuk anti kanker

Air rebusan daun kelor memiliki kandungan anti-oksidan tinggi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tidak rentan terserang penyakit apapun, termasuk kanker. Selain itu, bagi para survivor kanker sendiri air rebusan daun kelor juga memberikan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah menekan pertumbuhan kanker agar tak semakin berkembang. Air rebusan daun kelor mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

Mencegah dan Mengobati Diabetes

Tingginya kandungan mineral yaitu seng, membuat daun kelor memiliki sifat anti Diabetes. Kandungan tersebut untuk produksi insulin, demikian menurut peneliti dari University of Wiconsin LaCrosse, yang melakukan sebuah studi hewan di laboratorium, dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes”.

Kadar gula yang tidak terkontrol sangat membahayakan kesehatan, terutama bagi pengidap Diabetes. Kadar gula yang terus tinggi, pencegahannya dengan konsumsi daun Kelor. Herbal dari daun Kelor telah terbukti mampu mengatasi Diabetes. Daun Kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal. Kelor merupakan insulin alami untuk mengatasi Diabetes. Sehingga konsumsi sayur daun kelor bisa mencegah penyakit gula darah atau Diabetes.

Air rebusan daun kelor sangat cocok bagi penderita Diabetes dan keturunannya. Hal ini lantaran air rebusan daun kelor dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah dalam tubuh Anda dan keluarga terjamin stabil. Selain kadar gula rendah, air rebusan daun kelor juga mengandung betakaroten bagi para penderita Diabetes.

Kandungan senyawa berupa isothiocyanate pada tanaman ini berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian juga menunjukan seseorang yang mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21%.

Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi daun kelor. Daun kelor memiliki kandungan zat besi, kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung.

Manfaat daun Kelor untuk penyakit jantung

Manfaat daun Kelor untuk penyakit jantung

Sebuah studi pada hewan di laboratorium dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan.

Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan berupa tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi, dan jaringan jantung terlindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung.

Mencegah Radikal Bebas

Daun kelor ternyata mampu membantu mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak memiliki antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung. Daun kelor bisa menjadi obat alternatif untuk menangkal radikal bebas.

Dari laman Healthline, daun kelor memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah radikal bebas.

Baca juga : 5 Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Menurut Tati Winarto, seseorang pakar herbal, ekstrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri. Dalam riset di Bayero Journal of Pure and Applied Sciences, ekstrak daun kelor mampu menghalangi perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kesehatan imun sangat penting untuk menghindari berbagai ancaman penyakit. Ada senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, bisa mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat memicu berbagai penyakit serius, misalnya gangguan jantung dan penyakit degeneratif lainnya.

Kuersetin, senyawa antioksidan turunan pada daun kelor, dapat membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kandungan beta-karoten juga membuat beberapa organ dalam bekerja secara optimal.

Manfaat daun Kelor untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun Kelor untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah akan mudah terserang penyakit. Selain itu, daun kelor juga baik untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh karena adanya kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Khasiat dan Manfaat Lainnya

Selain 5 manfaat daun kelor di atas masih banyak lagi khasiat luar biasa lengkap dari daun ajaib ini. Dari berbagai literatur dan jurnal penelitian berikut khasiat daun kelor:
1. Sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah berbagai penyakit penglihatan
2. Kandungan protein tingginya bermanfaat untuk untuk ibu yang sedang menyusui
3. Anti Aging yaitu memperlambat penuaan dan menjaga tubuh agar tetap awet muda
4. Membantu menghilangkan stres dan menstabilkan mood
5. Mengobati cacingan dan mencegah penyakit akibat parasit atau bakteri yang merugikan kesehatan
6. Anti inflamasi, mengurangi peradangan pada luka

Dan masih banyak lagi manfaat daun Kelor antara lain menangkal kuman, menghilangkan flek di wajah, memelihara kecantikan kulit wajah, sumber vitamin C, menyehatkan dan mengobati ginjal, menjaga berat badan tetap ideal, menjaga kesehatan otak, menguatkan tulang, dan lain sebagainya.

Itulah tadi daftar manfaat dan khasiat luar biasa daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan. Kita tak menyangka bahwa pohon yang mudah tumbuh subur di sekitar kita ini memiliki khasiat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain rutin mengonsumsi daun kelor untuk menjaga kesehatan, tentu saja menjalani pola hidup sehat dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup menjadi kunci kesehatan.

0 comment

You may also like

Leave a Comment