Home Wisata Kuliner 3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

by Umi Aga
3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

3 rekomendasi taman terbaik di Surabaya yang wajib dikunjungi – Kota Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar ke dua di Indonesia. Sebagai kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langit, bukan berarti Surabaya tidak mempunyai wisata alam. Banyak sekali di sudut-sudut bahkan di tengah kota Surabaya terdapat taman-taman yang sangat indah. Bahkan beberapa waktu lalu, salah satu taman di kota Surabaya mendapatkan penghargaan dunia.

Taman-taman di kota Surabaya dibangun dengan tema-tema yang kreatif. Konsep desain taman yang satu dengan taman yang lainnya memiliki ke-khasan dan keunikan tersendiri. Pemerintah Kota Surabaya di era kepemimpinan Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T. sangat gencar mengembangkan wisata berbasis ruang terbuka berupa taman. Selain sebagai penyeimbang polusi udara, taman menjadi tempat edukasi dan rekreasi murah bagi warga kota Surabaya.

Beberapa taman memiliki konsep yang tidak kalah dengan taman yang ada di luar negeri. Bahkan mengungguli kualitasnya sebab desainnya mengambil inspirasi dari taman terbaik di dunia. Tidak saja konsep penataan tanaman dan jenis bunganya, beberapa taman memiliki fasilitas terbaru dengan teknologi canggih yang dapat warga Surabaya dan pengunjung nikmati secara gratis. Nah, berikut ini 3 rekomendasi taman terbaik di Surabaya rangkuman redaksi annidafashion.com

Hutan Bambu di Taman Harmoni - 3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Hutan Bambu di Taman Harmoni – 3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

1. Taman Hutan Kota Keputih

Taman Hutan Kota Keputih atau taman Harmoni lebih dikenal masyarakat Surabaya sebagai Taman Sakura. Tempat ini merupakan salah satu taman bunga terbesar di kota Surabaya. Luasnya sekitar 40 Hektar. Area yang sudah terbangun luasnya baru sekitar 8,6 hektar. Sebelum menjadi sebuah taman yang indah , tempat ini dahulu merupakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Keputih. Kemudian pemerintah Kota Surabaya menyulapnya menjadi taman yang sangat indah.

Baca juga: 4 Kuliner Surabaya Paling Wajib Kamu Kunjungi 

Taman ini terletak di Jalan Keputih Tegal Timur II No. 249, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111. Aksesnya sangat mudah, karena berada persis di belakang Terminal Keputih. Taman ini ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Siapa saja bisa berkunjung tanpa biaya alias gratis. Cukup membayar biaya parkir sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Di sebelum Pandemi Covid-19, taman ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Hal paling menarik di taman Harmoni diantaranya adalah adanya lorong hutan bambu dan tanaman khas berupa bunga Tabebuya. Bunga ini mirip sekali dengan bunga Sakura Jepang. Tanaman Tabebuya ini pohonnya tidak terlalu tinggi, daun dan bunganya tidak mudah rontok, memiliki beragam jenis warna seperti pink, putih, ungu, kuning dan akarnya tidak merusak tembok. Selain itu terdapat taman bermain anak, sentra kuliner dan jajanan, dan spot-spot foto yang Isntagramable.

Taman Bungkul Surabaya - 3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Taman Bungkul Surabaya – 3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

2. Taman Bungkul

Ada anggapan, belum ke Surabaya kalau belum pernah ke Taman Bungkul. Yups, Taman legendaris ini memang sangat terkenal. Tidak hanya di Surabaya, taman Bungkul banhkan telah mendunia. Terbukti, Taman Bungkul pernah meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB sebagai Taman Terbaik se-Asia pada tahun 2013.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Malang Paling Terkenal

Setelah peresmian tanggal 21 Maret 2007, Taman Bungkul terus berkembang dengan pesat. Berbagai fasilitas untuk sarana penunjang kenyamanan pengunjung antara lain seperti amfiteater berdiameter 33 meter, jalur joging track, papan luncur, taman bermain anak-anak, free wifi zone, area hijau dengan kolam air mancur, Kran air siap minum, Skate dan BMX Track, pujasera atau sentra pedagang kaki lima, hingga sistem keamanan yang canggih.

Taman Bungkul terletak di Jalan Raya Darmo, tidak jauh dari Masjid Al Falah dan Kebun Binatang Wonokromo. Berada di area seluas 900 meter persegi. Letaknya yang berada di tengah kota, membuat taman ini tidak hanya berfungsi sebagai lahan hijau, tetapi juga sebagai destinasi wisata yang populer di Surabaya. Suasana sejuk, asri, dan nyaman di tengah Kota Surabaya menjadi pengobat dahaga setelah seharian bekerja.

Area publik taman Bungkul ini setiap hari buka. Tetapi jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan saat berkunjung ke tempat ini. Berdasarkan pantauan redaksi annidafashion.com, taman Bungkul mendapatkan ulasan positif dari warganet. Dengan nilai rating rata-rata bintang lima. Salaha satu warganet berkomentar bahwa Taman ini menjadi ruang rekreasi untuk keluarga serta sarana belajar terbaik di Kota Surabaya.

Kebun Bibit Wonorejo - 3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Kebun Bibit Wonorejo – 3 Rekomendasi Taman Terbaik di Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

3. Taman Wonorejo

Terletak di Jl. Raya Wonorejo, Wonorejo, Rungkut, Surabaya City, East Java 60296. Luas area taman ini 5,9 hektar. Taman ini terkenal dengan sebutan Kebun Bibit Wonorejo. Taman rekreasi ini sudah berdiri sejak tahun 2011. Sebelumnya, kebun ini merupakan tempat pembibitan tanaman untuk penghijauan kota Surabaya. Setelah adanya program revitalisasi dan fungsi, kebun bibit ini menjadi sebuah taman objek wisata.

Baca juga: 5 Taman Paling Indah di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Hal yang paling menarik di taman ini adalah adanya danau di tengah taman. Di sekeliling danau terdapat joging track dengan pepohonan asri. Terdapat dermaga kecil di salah satu sudut danau yang menjadi tempat paling favorit berfoto ria. Area rerumputan di antara pepohonan rindang dengan latar belakang menjadi spot foto Instagramable favorit pengunjung. Bahkan tak jarang beberapa EO Wedding melakukan sesi foto prewed di spot ini.

Pemandangan danau yang indah dengan hamparan tanaman bunga serta tempat duduk yang nyaman menjadi tempat yang cocok untuk me-refresh pikiran. Fasilitas lain di taman ini antara lain kran air minum gratis, Spot berfoto Instagramable, arena outbond dan permainan anak, Mini zoo, kawasan internet dan belajar gratis, sentra kuliner, taman bunga, outdoor gym, dan area parkir luas.

Tiket masuk Kebun Bibit Wonorejo gratis. Sedangkan tiket parkir motor Rp. 3.000. Dalam kondisi normal sebelum pandemi, Taman Bibit Wonorejo buka dari pukul 08.00 – 18.00, setiap hari, area campingnya buka selama 24 jam. Di masa PPKM, taman ini akses masuknya terbatas bahkan tutup sementara sesuai dengan peraturan dari pemerintah kota Surabaya. Jika berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Yups, itulah 3 rekomendasi taman terbaik di Surabaya yang menarik untuk di kunjungi. Semoga bermanfaat. *Dikutip dari berbagai sumber.

0 comment

You may also like

Leave a Comment