Home Hidup Sehat 5 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

5 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

by Umi Ririn
Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan

5 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan – Kopi dalam bahasa Arab disebut Qahwah. Dinamai Qahwah karena ia mencegah dari makan. Qahwah di sini adalah sebutan untuk minuman dari biji kopi yang disangrai kemudian dihaluskan dan diseduh atau direbus dengan air. Biji kopi berasal dari tumbuhan yang hidup di wilayah panas. Berdasarakan literatur, kopi pertama kali populer di Arab terutama di wilayah Yaman. Banyaknya tumbuhan kopi di Yaman, membuat kopi Yaman menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Pada awalnya, orang yang pertama kali mengkonsumsi biji kopi dan mengolahnya sebagai minuman adalah golongan orang-orang Sufi. Didapati bahwa kopi mampu menenangkan pikiran dan membuat tetap terjaga dari tidur. Membantu para sufi dalam melakukan ibadah mendekatkan diri kepada Allah, seperti memperkuat melakukan qiyamul lail, menelaah ilmu-ilmu bermanfaat, atau bermudzakarah.

Kopi Bermanfaat untuk Kesehatan.

Berdasarkan penelitian, zat-zat dan nutrisi yang terkandung di dalam kopi memiliki manfaat untuk kesehatan. Ada senyawa pada kopi yang memiliki khasiat dalam mencegah beberapa penyakit degeneratif dan meningkatkan kesehatan beberapa organ tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Kita

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Kita

1. Minum Kopi Turunkan Risiko Kanker Usus Besar

Sebuah penelitian menemukan, bahwa minum satu cangkir kopi berpotensi menurunkan risiko seseorang menderita kanker kolorektal. Studi yang dilakukan oleh tim peneliti di University of South California, menyatakan konsumsi kopi secara teratur membawa manfaat kesehatan bagi usus.

Penelitian menyebutkan, satu atau dua gelas kopi per hari, bisa menurunkan risiko kanker kolon hingga 26 persen. Di sisi lain, penelitian membuktikan, semakin banyak konsumsi kopi, semakin rendah kemungkinan terkena kanker. Akan tetapi, dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mendukung temuan tersebut.

Manfaat Luar Biasa Minum Kopi untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Minum Kopi untuk Kesehatan

2. Minum Kopi Bisa Redam Stres

Tim ilmuwan internasional telah menemukan manfaat kafein dalam kopi dapat membantu mengatasi stres dan mencegah depresi, serta hilang ingatan. Rodrigo Cunha, profesor neurofarmasi di Universitas of Coimbra di Portugal baru saja selesai melakukan penelitian. Bersama rekan-rekannya di Boston dan Brazil, dia telah menemukan bahwa kafein memiliki kemampuan untuk memblokir bahan kimia yang berhubungan dengan stres.

Tak hanya itu kafein juga memiliki potensi untuk mencegah masalah yang terkait hilang ingatan. Kopi diketahui memiliki manfaat untuk mengurangi stres dan depresi. Lewat penelitian itu ditemukan jika kafein dapat membantu melawan depresi. Tapi hal ini mesti dilakukan penelitian lebih lanjut, karena apakah yang membuat seseorang senang itu tindakan membeli kafein ke kafe-kafe, atau kandungan kafein itu sendiri.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Manusia

3. Minum Kopi Dapat Lindungi dari Kanker Kulit

Minum empat cangkir kopi sehari dapat melindungi dari melanoma ganas, satu jenis kanker kulit mematikan, demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Erikka Loftfield, seorang peneliti di Yale School of Public Health dan National Cancer Institute.

Penelitian ini mengamati konsumsi kopi berkafein, bukan tanpa kafein. Ada kemungkinan kafein bisa menjadi faktor protektif. Tapi juga bisa bersama beberapa senyawa lain yang ada dalam kopi berkafein yang melindungi terhadap melanoma ganas, dibanding tanpa kafein.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Tubuh

4. Minum Kopi Kurangi Resiko Kanker Payudara

Peneliti di Swedia telah menemukan bahwa kopi tidak hanya membantu meringankan saat bangun tidur, tetapi juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker payudara. Dalam jurnal yang dapat diakses secara terbuka, BioMed Central’s Breast Cancer Research, menunjukkan bahwa beberapa jenis kopi mungkin bisa berhasil dalam mengurangi resiko terkena jenis kanker payudara tertentu.

Dalam studi tersebut, peneliti membandingkan faktor gaya hidup, termasuk mengkonsumsi kopi, antara umur-dengan yang terkena dan tidak terkena kanker payudara, menemukan, peminum kopi lebih rendah terkena kanker, meskipun mereka mencatat bahwa faktor gaya hidup yang lainnya mempengaruhi tingkat kanker payudara, termasuk usia menopause, olahraga, berat badan, pendidikan dan sejarah keluarga.

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

5. Minum Kopi Kurangi Risiko Stroke dan Pikun

Penelitian yang dilakukan di Swedia menunjukkan bahwa perempuan yang minum kopi saban hari, justru memiliki risiko 22-25 persen lebih rendah terserang stroke dibandingkan dengan perempuan yang jarang minum kopi atau bahkan tidak sama sekali. Namun penelitian lain tidak membuktikan kopi menurunkan risiko stroke. Penelitian menunjukkan, peminum kopi cenderung memiliki risiko stroke lebih rendah.

Hasil penelitian lain menunjukkan, kafein menghambat produksi pembentukan plak-plak protein yang menjadi penyebab kepikunan. Minum lima cangkir kopi sehari terbukti mampu memperkuat daya ingatan pada penderita Alzheimer (pikun) yang kerap ditandai dengan gangguan daya ingatan. Penelitian ini bukan berarti pasien demensia dianjurkan minum kafein. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efek kopi bagi penyakit Alzheimer.

Itulah tadi 5 manfaat minum kopi bagi kesehatan manusia. Selain kopi, ada 3 macam buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, baca di artikel sebelumnya tentang 3 Macam Buah Paling Bermanfaat untuk Kesehatan. Sungguh benar adanya, bahwa Allah Swt menciptakan segala sesuatu di dunia ini tidaklah sia-sia. Dan pasti memberikan manfaat bagi penduduk bumi khususnya manusia. Bersyukurlah. Sudahkan anda minum kopi hari ini?. *Anggada R

0 comment

You may also like

Leave a Comment