Home Muslimah Tips Manjur Agar Keluarga Bahagia

Tips Manjur Agar Keluarga Bahagia

by Umi Aga
Tips manjur agar keluarga bahagia

Tips manjur agar keluarga bahagia. Membangun mahligai rumah tangga adalah ibadah terpanjang dalam kehidupan. Ikatan ini bukan sekedar komitmen hitam di atas putih. Ikatan lahir batin tak hanya di dunia tapi juga hingga akherat kelak. Semenjak ijab qabul pernikahan, dua insan manusia bersatu dalam sebuah bangunan rumah tangga. Tidak ada lagi aku atau dia, yang ada adalah kita. Berkomitmen untuk menjalani kehidupan bersama, merengkuh suka dan duka berdua.

Ibadah menikah mempunyai banyak keutamaan sekaligus memiliki tantangan besar. Untuk menghadapi tantangan dan masalah, suami istri memerlukan bekal dan persiapan. Bekal berupa tuntunan agama mutlak adanya. Dalam tuntunan agama ada aturan dan batasan, kewajiban, dan hak suami istri. Selain itu, agar rumah tangga menjadi bahagia, suami istri hendaknya berkomitmen melakukan beberapa hal serta menghindari beberapa hal lainnya. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Lakukan Hal Positif

Ada banyak hal yang semestinya pasangan suami istri lakukan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Jika tercipta kesepahaman dalam melakukan sesuatu, rumah tangga akan rukun sentausa. Jika terwujud kesepakatan dalam menghindari sesuatu, pastilah tak akan terjadi pertengkaran. Lakukan dan hindari hal-hal berikut

Baca juga: 5 Tujuan Menikah yang Wajib Diketahui

1. Suami istri harus menerima pasangan apapun kondisinya, baik kelebihan maupun kekurangannya. Menerima pasangan apa adanya, bukan ada apanya. Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, tetapi juga pasti mempunyai kelebihan. Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna.

2. Perjalanan hidup rumah tangga ibarat menaiki bahtera mengarungi luas samudera. Pastilah suatu saat badai rumah tangga akan menerpa. Ketika hujan badai melanda, nahkodalah pemegang kemudinya. Sedangkan penumpang harus mengikuti kemana nahkoda mengarahkan perahunya.

3. Setiap pasangan harus saling menghargai apapun dan bagaimanapun kondisinya. Harus saling memberi dan menerima secara proporsional. Take and give sesuai dengan kemampuan masing-masing pasangan. Jauhi sikap mau menang sendiri, hindari sikap ingin selalu diutamakan, buang jauh keinginan untuk dinomor satukan.

Selalu berusaha membahagiakan pasangan adalah kunci keluarga bahagia

Selalu berusaha membahagiakan pasangan adalah kunci keluarga bahagia

4. Jauhi perkataan atau perbuatan membanding-bandingkan sifat atau kelakuan pasangan dengan keluarga atau pasangan lain. Hal ini akan memicu ketersinggungan satu sama lain, bahkan berujung pertengkaran.

5. Menjaga kuantitas dan kualitas komunikasi antar pasangan. Kuantitas komunikasi akan menumbuhkan rasa saling perhatian. Sedangkan kualitas komunikasi akan menghidupkan rasa cinta dan kasih sayang. .

6. Jauhi dan hindari curhat masalah rumah tangga kepada orang lain, lawan jenis, teman, apalagi mantan. Sebisa mungkin selesaikan permasalahan rumah tangga hanya dengan pasangan. Ibarat kata, jangan keluar melewati pintu kamar, cukup suami istri yang tahu.

7. Berusaha sebaik mungkin untuk saling membahagiakan pasangan. Dan berusaha sekuat mungkin untuk tidak menyakiti pasangan. Berikhtiar sekeras-kerasnya untuk memberikan yang terbaik untuk pasangan. Menghindari melecehkan pasangan sekecil apapun.

Baca juga : Ikhlas Kunci Kebahagiaan Hidup

Kunci keluarga bahagia dengan selalu taqarub ilallah

Kunci keluarga bahagia dengan selalu taqarub ilallah

Buang Jauh Sikap Negatif

Selain sepuluh hal di atas, pasangan suami istri hendaknya berkomitmen untuk menghindari sikap yang bisa memicu pertengkaran. Suami istri harus berusaha sebaik mungkin menjauhi perbuatan negatif yang bisa memicu perpecahan rumah tangga. Hindarilah hal-hal berikut ini:

Pertama, Tidak marah di saat yang bersamaan. Kalaupun marah, aturlah bergantian. Bila suami sedang marah, sebaiknya istri diam dan tidak terpancing berbalik marah, demikian pula sebaliknya. Tentu saja sikap terbaik adalah bersabar.

Kedua, Tidak membentak, berkata kasar, melecehkan, merendahkan pasangan. Apalagi mengungkit-ungkit kesalahan pasangan di masa lalu. Hindari pertengkaran lebih dari satu hari. Jangan membebani pasangan dengan hal-hal di luar kemampuanya.

Baca juga : 4 Kesalahan Penyebab Pertengkaran Rumah Tangga

Ketiga, Jika harus mengkritik pasangan, awalilah dengan pujian dan lakukan dengan baik. lakukan kritik yang tidak menyakiti dengan memberikan argumen yang masuk akal. Jika pasangan melakukan kesalahan, diskusikan bersama ketika kondisi tidak dalam emosi. Carilah jalan keluar bersama dan memaafkan kesalahannya.

Keempat, Hal terakhir yang sangat penting tentunya adalah terus memperbaiki diri dan memperbanyak mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sungguh hati manusia berada dalam genggaman pencipta-Nya. Kepada Allah-lah kembali semua perkara. Dalam berumah tangga, ketika kita meniatkan dan menyandarkannya kepada Allah, insyallah kita akan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Demikian sekelumit penjelasan tentang tips menjadi keluarga yang bahagia. Tentu saja tulisan ini jauh dari sempurna dan banyak kekurangannya. Semoga bisa memberikan manfaat dan mari kita berdoa kepada Allah Swt agar keluarga menjadi bahagia sejahtera di dunia dan akherat. Aamiiin *www.annidafashion.com

0 comment

You may also like

Leave a Comment