Home Muslimah 5 Tujuan Menikah yang Wajib Diketahui

5 Tujuan Menikah yang Wajib Diketahui

by Umi Aga
Melaksanakan sunnah Nabi Saw adalah salah satu tujuan pernikahan

Pernikahan merupakan ibadah yang memiliki kedudukan penting dan sangat sakral dalam Islam. Di dalam Al Quran sebutannya adalah Mitsaqan Ghalizha, berarti perjanjian yang amat kukuh atau kuat. Al Quran menyebutnya Zawaj yang artinya adalah pasangan dalam sebuah ikatan pernikahan, Allah Swt menjadikan manusia saling berpasangan, menghalalkan pernikahan, dan mengharamkan zina.

Pernikahan atau nikah artinya adalah terkumpul dan menyatu. Menurut istilah lain juga dapat berarti Ijab Qobul atau akad nikah yang mengharuskan perhubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh kata-kata dan ditujukan untuk melanjutkan ke pernikahan, sesuai peraturan yang diwajibkan oleh Islam.

Sebelum memutuskan menikah untuk mengarungi rumah tangga, calon pasangan harus memiliki niat yang benar. Jangan memiliki niatan menikah karena fisik semata. Pastilah akan mendatangkan kekecewaan karena fisik akan mengalami penuaan. Hindari niatan menikah karena status sosial. Pangkat dan jabatan serta status sosial tidak akan abadi. Jangan pula menikah karena faktor harta. Karena harta pada hakikatnya bukanlah milik kita. Semua adalah titipan yang akan kembali kepada pemiliknya.

Baca juga : Menikah antara Bersegera dengan Tergesa-gesa

Pernikahan yang benar adalah diniatkan untuk beribadah, ittiba’ rasul, dan mengharap ridho Allah Swt. Pernikahan hendaknya dilandasi cinta dan kasih sayang. Sesuai dengan tujuan menikah dalam Al-Quran, yaitu membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Menikahlah karena Allah, lillah. Ibadah menikah adalah sunah rasul yang akan membawa keberkahan hidup dan kebahagiaan jika diniatkan dengan benar dan memiliki tujuan yang luhur.

5 Tujuan Menikah

Berikut ini adalah tujuan menikah yang bisa menjadi landasan, visi dan missi sebuah keluarga dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

1. Melaksanakan Sunnah Rasul. Tujuan utama pernikahan dalam Islam ialah menjauhkan dari perbuatan maksiat. Sebagai seorang muslim, kita memiliki panutan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Alangkah baiknya bisa meniru laku dan teladan dari Nabi Muhammad SAW. Salah satunya menjalankan pernikahan dengan niat yang baik.

Melaksanakan sunnah Nabi Saw adalah salah satu tujuan pernikahan

Melaksanakan sunnah Nabi Saw adalah salah satu tujuan pernikahan

2. Menguatkan ibadah. Pernikahan merupakan hal yang mulia dalam Islam. Ikatan suci yang bermanfaat dalam menjaga kehormatan diri, serta mampu menghindari larangan agama. Apabila telah menikah, lebih mudah dalam menundukkan pandangan. Juga membentengi diri dari perbuatan keji dan merendahkan martabat, salah satunya zina.

3. Menyempurnakan agama. Terasa lebih indah bila menjalani kebahagiaan dunia dan akhirat bersama rekan yang tepat dalam biduk rumah tangga. Tujuan pernikahan dalam Islam selanjutnya untuk menyempurnakan separuh agama. Separuhnya yang lain melalui berbagai ibadah

Baca juga : Nasehat Pernikahan untuk Pengantin Baru

4. Mengikuti perintah Allah Swt. Tujuan pernikahan dalam Islam tentu saja karena mengikuti perintah Allah Swt. Menikah menjadi jalan ibadah yang paling mulia. Sebagaimana syariat agama Islam yang lain, menikah memiliki banyak keutamaan. Dengan menjalankan perintah Allah, keberkahan hidup dan pertolongan Allah akan kita dapatkan.

5. Mendapatkan keturunan dan membangun generasi beriman. Demi melestarikan kehidupan umat manusia, tujuan pernikahan dalam Islam adalah untuk mendapatkan keturunan. Salah satu jalan investasi di akhirat, selain beribadah, termasuk pula keturunan yang sholeh. Bertanggung jawab terhadap anak, mendidik, mengasuh, dan merawat hingga cukup usia. Jalan ibadah sekaligus sedekah yang menjadi bekal di akhirat kelak.

Lima tujuan menikah di atas merupakan satu sisi dari sekian banyak tujuan di balik syariat menikah dalam Islam. Wahai pemuda-pemudi Islam, carilah jodoh yang baik, bermusyawarahlah dengan keluarga, carilah dan temukan pasangan yang beriman, berperangai mulia, lalu menikahlah dan rasakan kebahagian serta kejutan-kejutan keberkahan dari Allah Swt. Wallahu A’lamu bisshowab.

0 comment

You may also like

Leave a Comment