Home Hidup Sehat Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

by Anggada R.
Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan – Kunyit merupakan tanaman rimpang yang mudah sekali kita dapatkan. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, sejak zaman nenek moyang kunyit dijadikan jamu. Diolah dan dicampur dengan bahan alami lainnya dengan sedemikian rupa menjadi minuman kesehatan. Kunyit yang biasa digunakan untuk membumbui masakan membawa aroma sedap dan warna kuning yang meningkatkan nafsu makan.

Kunyit tidak hanya menambah cita rasa pada makanan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Sebuah temuan baru mengungkap manfaat kunyit bagi otak. Para peneliti menemukan bahwa rempah-rempah yang lazim digunakan sebagai bumbu masakan ini mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah penyakit syaraf dan menguatkan fungsi otak.

Kunyit Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tidak diragukan lagi bahwasannya kunyit mempunyai manfat dan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Berbagai penelitian telah berhasil mengungkap kandungan sekaligus manfaat kunyit. Berikut ini beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan yang berhasil dirangkum redaksi annidafashion.com:

Masakan Kari Manfaat kunyit untuk kesehatan

Masakan Kari Manfaat kunyit untuk kesehatan

1. Kunyit Membantu Penyembuhan Tuberculosis/TBC

Senyawa di dalam kunyit, yang memberi warna kuning pada akar dan memiliki rasa yang khas. Senyawa ini bernama kurkumin dapat membantu mengatasi kondisi resistan obat pada penderita tuberkulosis, demikian menurut studi yang diterbitkan oleh jurnal Respirology. Tuberkulosis (TB) yang resisten terhadap sebagian besar antibiotik bisa berbahaya dan sulit diobati. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri di udara, Mycobacterium tuberculosis (MTB), yang biasanya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat membahayakan otak, ginjal, dan tulang belakang.

Sebagian besar TB bisa diobati dengan antibiotik; tetapi karena semakin tingginya kasus resistensi antibiotik, beberapa strain bakteri TB juga ikut menjadi resisten terhadap obat. Menemukan pengobatan jenis baru untuk TB yang resistan, bukanlah hal yang mudah namun sudah mendesak untuk dilakukan. Dengan munculnya jenis TB yang resistan terhadap obat, agen baru yang memiliki efek antimycobacterial langsung atau yang meningkatkan kekebalan tubuh, sangat dibutuhkan.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan

2. Kunyit Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Para peneliti mencatat bahwa hasil studi mereka menunjukkan, bahwa kurkumin mampu merangsang sistem kekebalan tubuh dengan cara mendorong terjadinya apoptosis. Apoptosis adalah mekanisme biologi yang merupakan salah satu jenis kematian yang terprogram. Mekanisme ini digunakan oleh organisme multisel unttuk sel yang sudah tidak diperlukan tubuh.

Apoptosis adalah mekanisme efektor digunakan oleh makrofag (pemakan besar, sel darah putih yang menelan dan mencerna patogen) untuk membunuh intraseluler bakteri TB. Kurkumin adalah zat yang ditemukan dalam kunyit dan memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Selama berabad-abad, kunyit telah digunakan untuk mengobati radang sendi, masalah perut, dan masalah kesehatan lainnya.

Studi Dr. Xiyuan Bai memberikan bukti dasar bahwa kurkumin dapat melindungi dari infeksi Mycobacterium tuberculosis. Peran pelindung kurkumin untuk melawan resistan terhadap obat dalam kasus TB masih perlu konfirmasi. Tapi, jika sudah berhasil divalidasi, kurkumin dapat menjadi pengobatan baru untuk memodulasi respon imun untuk mengatasi TB yang resistan terhadap obat.

Masakan Kari dari kunyit bermanfaat untuk kesehatan

Masakan Kari dari kunyit bermanfaat untuk kesehatan

3. Kunyit Mencegah Penyakit Alzhemeir/Kepikunan

Pada tahun 2014, sebuah penelitian membuktikan bahwa kurkumin terbukti mengurangi gejala gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Penelitian lain juga menemukan, bahwa kurkumin memiliki potensi untuk memperkecil ukuran tumor dan kanker, atau memperlambat pertumbuhan mereka.

Peneliti Dave Schubert dari Salk Institute di San Diego meneliti kunyit, rempah-rempah yang umum digunakan, terutama di Asia Selatan dan Asia Tenggara, khususnya India termasuk juga Indonesia. Hasilnya
India memiliki tingkat Alzheimer yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.

Schubert dan peneliti lain yakin salah satu penyebabnya adalah mengkonsumsi kunyit mungkin memiliki efek perlindungan pada otak dan sistem syaraf. Dugaan ini tidak mudah untuk dibuktikan, tapi Schubert mulai dengan meneliti beberapa senyawa dari rempah-rempah itu. Ia menemukan bahwa setidaknya satu senyawa, curcumin, memiliki efek melidungi sel-sel otak hewan laboratorium dengan cedera neurologis.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan

4. Kunyit Mencegah Diabetes

Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menemukan 100 molekul baru kurkumin kunyit (curcuma longa) yang delapan di antaranya telah dipatenkan. Kurkumin yang dikembangkan menjadi molekul baru yang mempunyai efek analgetika-antiinflamasi dan bisa dimanfaatkan sebagai terapi kanker. Kunyit terbukti mengandung senyawa kurkuminoid yang berwarna kuning ternyata mengandung molekul kurkumin, demetoksin kurkumin, dan bisdemetoksin kurkumin.

Turunan kurkumin yang merah lebih ke antiinflamasi, sedangkan yang berwarna kuning lebih untuk melindungi hati (hepatotoksik). Kurkumin baik bagi penderita diabetes untuk mencegah tidak terjadi pembekuan atau penggumpalan darah. Kunyit banyak terdapat di Indonesia dan sudah digunakan oleh masyarakat secara tradisional baik sebagai makanan maupun obat. Penelitian ilmiah menunjukkan kunyit yang diketahui mengandung kurkumin itu telah terbukti mempunyai khasiat antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, antikanker, dan antitumor.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit untuk kesehatan

5. Kunyit Mencegah Kanker

Hal ini berdasarkan riset terbaru para ilmuwan di Inggris yang tengah melakukan penelitian khasiat ekstrak berbahan dasar kunyit yang terdapat dalam makanan kari pedas. Dugaan awal menyebutkan, ekstrak tersebut berpotensi membunuh sel kanker. Ekstrak itu bekerja pada 24 jam pertama sejak dikonsumsi. Bahan kimia ini yang disebut “curcumin”, telah lama diketahui memiliki daya memulihkan tenaga dan telah dites sebagai cara pengobatan radang sendi dan kepikunan. Meskipun masih dalam skala laboratorium, tes oleh tim dari Cork Cancer Research Centre menunjukkan daya hancur curcumin terhadap sel-sel kanker kerongkongan.

Sejumlah ahli kanker menyebutkan, temuan yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer tersebut dapat membantu para dokter menemukan cara pengobatan di luar model pengobatan sekarang. Seorang anggota tim peneliti, Dr. Sharon McKenna, mengakui bahwa para peneliti telah lama tahu potensi bahan-bahan alami yang menyembuhkan sel-sel yang salah, seperti curcumin.

Dari sudut pandang sumber daya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tanaman herbal berpotensi obat melimpah. Selain mampu membunuh sel kanker, kunyit yang diolah menjadi jamu dengan ditambah ramuan lainnya, seperti asam dan lain-lain, bisa pula menjadi obat pembersih darah kotor, terutama bagi para wanita selepas menstruasi. Selain kunyit, tentunya masih ada banyak tanaman dan buah yang khasiatnya luar biasa. Silahkan baca artikel 3 macam buah paling bermanfaat untuk kesehatan.

Kunyit juga bermanfaat untuk orang-orang yang menderita maag, dengan cara memarutnya. Kemudian diperas, lalu diambil airnya untuk diminum secara rutin dengan ditambah gula merah, dan kalau perlu asam. Wahai sahabat, tentu tidak ada salahnya untuk terus menambahkan kunyit dalam masakan Anda. Semoga bermanfaat.

0 comment

You may also like

Leave a Comment