Home Hidup Sehat 10 Manfaat Dzikir Yang Luar Biasa

10 Manfaat Dzikir Yang Luar Biasa

by Umi Aga
10 manfaat zikir yang luar biasa

10 Manfaat zikir yang luar biasa. Zikir merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan. Dengan banyak-banyak mengingat serta menyebut nama Allah, kita akan semakin merasakan kehadiran-Nya. Ibnu Qayyim dalam al-Wabil al-Shayb Min al-Kalim al Thayyib, mengatakan bahwa zikir merupakan puncak rasa syukur. Tidaklah bersyukur kepada Allah orang yang tidak berzikir kepada-Nya.

Al-Baihaqi menyebutkan bahwa Nabi Musa as berkata, “Wahai Tuhan, Engkau telah banyak memberi karunia kepadaku, karena itu ajarkan aku untuk banyak bersyukur kepada-Mu.” Maka Allah menyatakan, “Sering-seringlah mengingat-Ku. Jika engkau banyak mengingatku berarti engkau telah banyak mensyukuri-Ku. Sebaliknya, jika engkau melupakan-Ku berarti engkau telah kufur kepada-Ku.”

Maka bisa kita simpulkan bahwa jika kita ingin banyak bersyukur kepada Allah, maka kita perbanyak mengingat-Nya. Dengan banyak bersyukur maka akan semakin banyak nikmat yang akan Allah anugerahkan kepada kita. Berdzikir bersyukur dan limpahan nikmat merupakan satu mata rantai yang tak terpisahkan.

Beberapa Manfaat Zikir

Ibn Qayyim menulis beberapa manfaat zikir dengan berkata, “Pada zikir terdapat seratus manfaat.” Perkataan ini memberikan gambaran kepada kita betapa banyaknya manfaat berdzikir kepada Allah. Manfaatnya tidak hanya berdimensi fisik saja, tetapi juga memiliki manfaat pada sisi ruhani kita. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dzikir.

Baca juga: Manfaat Sholat Tahajud untuk Kesehatan

1. Membuat Allah Ridha. Diantara manfaat orang yang membiasakan berzikir adalahmdia akan memperoleh ke-ridho Allah. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah. ”Seseorang hamba Allah yang Muslim mengistiqamahkan bacaan zikir setiap pagi dan sore sebanyak tiga kali yang berupa rodhitu billahi robba wa bil islami dina wa bi muhammadin nabiyya (aku rela Allah menjadi Tuhanku, Islam agamaku, dan Nabi Muhammad nabiku) itu pasti akan mendapat keridaan Allah sampai hari kiamat nanti.” (HR: Al-Nasa’i).

2. Mengusir, menundukkan, dan menumpas setan. Banyak kita temukan di dalam Al Quran ayat-ayat atau kalimat dzikir yang mampu dan ampuh menundukkan gangguan syetan. Di antaranya surat muawwidzatain, 2 ayat terakhir surat Al baqarah, dan lain sebagainya.

3. Menghilangkan risau dan muram dalam hati. Selain itu juga mendatangkan kegembiraan, suka cita, kebahagiaan, ketenangan, dan ketenteraman. ” Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS. Ar Ra’du : 28)

10 Manfaat zikir yang luar biasa

10 Manfaat zikir yang luar biasa

4. Menerangi wajah dan hati. Tidak mengherankan bila kita menemui orang yang ahli dzikir, kita akan mendapati wajah yang teduh, tenang, dan berseri-seri. Hal ini menunjukkan kondisi hati yang bersinar akan kalimat-kalimat dzikir

5. Membuat orang yang berzikir menjadi lebih berwibawa. Merasakan nikmat dalam hidup keseharian dan selalu berpembawaan ceria pancaran dari hati yang tentram dan bahagia.

6. Menguatkan hati dan tubuh. Suatu ketika Siti Fatimah dan suaminya Ali ibn Abi Talib menemui Rasulullah Saw untuk meminta seorang pembantu. Nabi saw. berkata pada mereka, “Maukah kutunjukkan kalian pada sesuatu yang lebih baik dari pembantu?”. Jika kalian hendak tidur, bacalah tasbih sebanyak 33 kali, tahmid sebanyak 33 kali, dan takbir sebanyak 34 kali. Maka keduanya segera melaksanakan sehingga tidak perlu menggunakan pembantu.

7. Membuat hati menjadi hidup. Ibn Qayyim berkata, “Aku mendengar Syaikh al-Islam Ibn Taimiyyah berkata, “Zikir seperti air bagi ikan. Bagaimana kondisi ikan jika berpisah dengan air?”

Baca juga: Perkuat Imunitas dengan Tahajud

8. Menjadi bahan bakar hati dan ruh. Jika seorang hamba kehilangan bahan bakar tersebut maka ia seperti tubuh yang kehilangan kekuatan. Ibnu Qayyim berkata, “Suatu kali aku mendatangi Ibnu Taimiyyah. Ia shalat lalu duduk berzikir kepada Allah hingga mendekati pertengahan siang. Lalu ia menoleh kepadaku dan berkata, “Ini adalah makan siangku. Jika aku tidak makan siang, kekuatanku akan hilang.”

9. Menjauhkan diri dari sifat munafik. Sebab, kaum munafik tidak berzikir kepada Allah kecuali sedikit.

10. Melarutkan kerasnya hati. Seorang penyair berkata, Jika sakit kami berobat dengan mengingatmu. Kadangkala kami lalai sehingga sakit kami kambuh.

Nah, demikian 10 manfaat zikir yang luar biasa yang bisa kita dapatkan dengan meng-istiqomahi ibadah zikir kepada Allah. Tentu saja masih banyak sekali manfaat, khasiat, maupun rahasia ibadah zikir. Mari kita berdoa kepada Allah, semoga kita dan keluarga serta anak keturunan kita menjadi ahli zikir, ahli kebaikan, ahli ibadah, ahlul quran, dan mendapatkan keridhaan Allah Swt. Sehingga kita mendapatkan anugerah surgaNya. Aamiin. www.annidafashion.com

0 comment

You may also like

Leave a Comment