Home Artikel 8 Tips Sukses Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

8 Tips Sukses Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

by Umi Aga
8 Tips Sukses Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Inilah 8 tips sukses berbakti kepada kedua orang tua. Kita semua tahu bahwa kedua orang tua adalah sebab adanya manusia terlahir ke dunia ini. Andai kata tidak ada jerih payah mereka berdua, maka kita tidak akan pernah merasakan belaian kasih sayang di masa kecil. Andaikan tiada peluh keringat mereka berdua, maka manusia tidak akan pernah merasakan kebahagiaan terlahir ke dunia.

Seorang ibu, dia penuh dengan perjuangan dan bersusah payah ketika hamil. Begitu pula tatkala melahirkan, sungguh sangat memberatkan bagi sang ibu. Sakitnya melahirkan mempertaruhkan pilihan antara hidup dan mati. Sedangkan seorang ayah, dia akan mengerahkan segenap kemampuannya, memeras keringat membanting tulang demi memberikan kemanfaatan untuk sang anak. Ayah berjuang mencari nafkah demi masa depan anak untuk dapat membekalinya dengan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Begitu besar pengorbanan kedua orang tua, maka dari itu agama memberikan kewajiban kepada anak untuk berbakti kepada keduanya (birrul walidain). Banyak sekali keutamaan berbakti kepada kedua orang tua. Antara lain menjadi wasilah paling mudah menuju surga, tergolong jihad fiisabilillah, dan menjadi pelebur dosa-dosa besar. Selain itu juga menjadi jalan penyebab mudahnya mencari rezeki, mendapatkan anugerah umur panjang, serta cepatnya keinginan dikabulkan Allah karena doa mustajabah dari orang tua.

Baca juga: Inilah Cara Melatih Kecerdasan Anak Usia Dini

Keutamaan lainnya ketika berbakti kepada orang tua adalah kita akan mendapatkan ke-ridha Allah karena ridhallah tergantung ridha kedua orang tua. Keutamaan lainnya yakni menjadi amalan paling utama dan paling dicintai Allah Swt. Selain itu juga menjadi asbab dikabulkannya taubat serta mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang kita perbuat.

Begitu besar keutamaan ber-birrul walidain. Berbahagialah bagi kita yang mendapatkan anugerah dan amanah merawat kedua orang tua. Dalam praktiknya, birul walidain tidaklah mudah. Memerlukan perjuangan dan kesabaran yang luar biasa. Tentu saja kita memerlukan panduan dan tips dalam ber-birrul walidain agar sukses menjalaninya.

8 tips sukses berbakti kepada kedua orang tua

8 tips sukses berbakti kepada kedua orang tua

8 Tips Sukses Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Nah berikut ini adalah beberapa tips sukses dalam berbakti kepada kedua orang tua.

  1. Hendaknya selalu mengingat kenikmatan-kenikmatan pemberian kedua orang tua. Baik yang berupa materi atau immateri. Sehingga hal itu mendorong sang anak bisa mensyukuri nikmat akan adanya kedua orang tua
  2. Selalu tunduk dan patuh terhadap semua perintah orang tua, baik yang mudah atau pun yang sulit. Akan tetapi kepatuhan ada batasannya, dalam artian selama perintah tersebut tidak dalam rangka kemaksiatan kepada Allah.
  3. Ketika duduk bersama orang tua, hendaknya sang anak selalu dalam keadaan khusuk dan penuh perhatian terhadap orang tua. Mendengarkan semua yang orang tua bicarakan dan juga tidak memfokuskan pada kesalahan-kesalahannya.
  4. Sebagai seorang anak hendaklah tidak berbuat hal-hal yang menyakitkan orang tua. Baik hal tersebut berupa ucapan, perbuatan ataupun tingkah laku. Baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
  5. Ketika terjadi sebuah perbedaan pendapat antara sang anak dan orang tua, hendaknya sang anak tidak memperpanjang masalah tersebut. Hindari perdebatan yang panjang, karena bisa membuat sang anak tergiring untuk membantah kedua orang tua.
  6. Hendaknya sang anak tidak berjalan di depan orang tua. Hal tersebut tidak sopan. Kecuali dalam hal berkhidmah kepadanya.
  7. Hendaknya sang anak selalu mendoakan kedua orang tua agar mereka selalu mendapat rahmat Allah. Serta segala kekhilafan dan kesalahannya mendapat ampunan Allah.
  8. Ketika orang tua keluar dari koridor agama, hendaknya kita menasehati kedua orang tua untuk kembali ke jalan yang benar. Lakukan dengan cara yang ma’ruf (baik dan sopan). Hal ini tiada lain bentuk sebuah keinginan agar kedua orang tua selamat dari api neraka sebagaimana keinginan keselamatan sang anak di kala sang ibu melahirkannya.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Menjadi Penghafal Al Quran

Nabi Muhammad Saw memerintahkan kita untuk lebih berbakti dan berbuat baik kepada ibu melebihi ayah. Sebagaimana dalam sebuah hadits, bahwasannya berbakti kepada ibu adalah tiga kali lipat melebihi berbakti kepada ayah. Semoga kita mendapatkan kesempatan dan memiliki kemampuan serta kesabaran untuk berbakti kepada orang tua. Sehingga mendapatkan anugerah dan berbagai keutamaannya. Hanya kepada Allah kita menyembah dan hanya kepada Allah-lah kita memohon pertolongan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Ummu Dzaga – Mompreneur Alumni Biologi Univ. Airlangga Surabaya 2008, tinggal di www.annidafashion.com

0 comment

You may also like

Leave a Comment