Home Hidup Sehat Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan

Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan

by Umi Aga
Manfaat sholat Tahajud untuk kesehatan

Sholat Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari. Setelah seseorang bangun dari tidur. Shalat Tahajud merupakan shalat sunnah muakkadah. Yakni shalat sunnah yang sangat ditekankan dan dianjurkan untuk dilaksanakan. Kedudukan shalat Tahajud adalah yang terbaik setelah shalat fardhu. Shalat Tahajud merupakan kemuliaan bagi seorang mukmin. Merupakan ibadah dan kebiasaan orang-orang shalih. Menjadi sarana terbaik dalam taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah Swt. Menghapuskan kesalahan dan menjauhkan perbuatan dosa. Apalagi di musim pandemi Covid-19, penguatan kualitas spiritual menjadi iktiar pelengkap untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan Manusia

Keutamaan sholat tahajud antara lain menjadi bekal ibadah di akhirat, masuk surga, terbebas dari ganguan setan, terjaga secara ruhani, tempat berdoa yang mustajab dan masih banyak lagi. Berdasarkan beberapa penelitian, terbukti bahwa shalat Tahajud memberi dampak positif bagi kesehatan manusia. Berikut ini tiga manfaat shalat Tahajud bagi kesehatan.

Menyehatkan Paru-Paru

Gerakan shalat Tahajud memberikan efek positif bagi kesehatan manusia. Takbiratul ihram hingga salam mengaktifkan seluruh organ tubuh manusia. Mengangkat tangan mampu membuka rongga paru-paru lebih lebar. Ketika rongga di dalam paru-paru terbuka lebar, aliran udara menuju paru-paru menjadi lancar. Paru-paru menjadi lebih lapang dan lebar daripada sebelumnya. Hal inilah yang membuat badan menjadi lebih segar dan ringan. Efek semacam ini biasanya kita dapatkan ketika berolahraga.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berdasarkan penelitian, shalat Tahajud mampu meningkatkan imunitas tubuh manusia. Daya tahan tubuh seseorang terhadap serangan penyakit akan meningkat. Selain itu, ketika melakukan shalat Tahajud tubuh seseorang akan menghasilkan hormon yang membuat seseorang menjadi tenang dan nyaman. Contoh kasus, beberapa penderita penyakit berat mengaku rasa nyeri berkurang drastis setalah melakukan terapi shalat Tahajud. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa shalat tahajud baik bagi penderita penyakit berat sekalipun.

Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Melancarkan Peredaran Darah

Selain untuk terhindar dari infeksi pernapasan, sholat tahajud juga dapat melancarkan aliran darah tubuh. Sholat tahajud adalah ibadah pada 1/3 malam yaitu sekitar pukul 3 pagi. Pada saat itu udara belum tercemar yang dapat menyehatkan paru-paru, melancarkan peredaran darah, serta menyehatkan tubuh. Pengerjaan sholat Tahajud paling utama pada sepertiga malam yang akhir. Sekitar pukul 02.00 – 04.00 dini hari sebelum shalat Subuh. Pada jam-jam tersebut udara mengandung oksigen terbaik.

Baca juga: Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Udara segar yang mengandung oksigen murni dan masuk ke dalam rongga paru-paru membuat organ ini berkembang maksimal. Dan mampu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dengan baik. Tubuh mampu menggerakkan seluruh otot hingga membuat badan menjadi segar bugar. Dengan lancarnya peredaran darah, maka tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari ancaman berbagai macam penyakit.Β 

Pikiran Jadi Tenang dan Segar

Ketika kita bangun untuk melakukan sholat tahajud di 1/3 malam, maka kita akan merasakan pikiran jernih serta kembali segar. Pada saat itu adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran sehingga perasaan pun merasa lebih tenang. Kandungan oksigen murni pada dini hari membantu pikiran serta tubuh menjadi lebih segar.

Itulah manfaat sholat tahajud yang harus kamu coba. Dengan mengetahui banyaknya manfaat, hendaknya umat Muslim semakin giat melakukan sholat malam ini. Melakukan sholat tahajud, maka Allah akan mengangkat derajat kita juga bermanfaat untuk kesehatan. Yuk mulai mendirikan sholat malam! *Dari berbagai sumber

0 comment

You may also like

Leave a Comment