Home Muslimah Tips Membangun Keluarga Bahagia

Tips Membangun Keluarga Bahagia

by Umi Ririn
Tips Membangun Keluarga Bahagia

Menjadikan keluarga Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya adalah kunci dalam membangun keluarga yang bahagia. Seluruh anggota keluarga harus menjadikan Rasulullah Saw sebagai suri teladan utama agar keluarga menjadi yang dirindukan oleh surga. Tanpa teladan terbaik, mustahil kita bisa membangun dan membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Memiliki sebuah keluarga yang bahagia tentu menjadi dambaan semua orang. Keluarga dengan suasana seperti surga pasti menjadi impian setiap orang yang melakukan pernikahan. Untuk menjadi keluarga yang bahagia tentu harus melewati proses dan pembelajaran yang tidak sebentar. Perlu jalan panjang dan tahapan-tahapan serta melewati berbagai permasalah yang tidak sedikit. Kebersamaan, niat, doa, kesamaan visi adalah beklyang harus dipunyai setiap anggota keluarga.

Bekal Memiliki Keluarga Bahagia

Islam memerintahkan agar manusia yang menikah hendaknya mengurus keluarganya, agar tercipta rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Setiap pasangan suami istri tentu mendambakan hal itu. Hanya saja, banyak pasangan pesimistis, apakah mampu mewujudkan keluarga ideal seperti itu? Dalam sebuah kehidupan berkeluarga yang terbina dengan baik setiap anggotanya akan saling memperhatikan satu sama lain, berkeinginan untuk selalu berbagi dan bersama dalam suka dan duka.

Setidaknya, ada tiga bekal yang dapat dijadikan landasan untuk membentuk sebuah keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Pertama, persiapan secara spiritual (ruhiyah). Kedua, ilmu untuk mencapai keluarga sakinah yang bisa diperoleh dari buku-buku bacaan atau konsultasi. Ketiga, persiapan fisik (jasad). Kualitas spiritual yang baik diperlukan dalam menghadapai setiap permasalahan yang melanda biduk rumah tangga. Bekal ilmu sebagai landasan dalam menjalankan peran dan fungsi setiap anggota keluarga dalam hidup keseharian. Dan fisik yang sehat sebagai penunjang dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

Tips Membangun Keluarga Bahagia

Banyak sekali cara bagaimana membangun dan menggapai keluarga yang bahagia. Setiap keluarga pasti memiliki caranya sendiri. Masing-masing memiliki jalan yang sesuai dengan karakter dan latarbelakang keluarga. Secara umum, berikut ini langkah-langkah membangun keluarga yang bahagia:

Tips Membangun Keluarga Bahagia

Tips Membangun Keluarga Bahagia

1.Menjadikan keluarga sebagai prioritas utama.

Setiap anggota keluarga harus tahu bahwa mereka memiliki prioritas di atas orang-orang di luar keluarga. Kepentingan dan keselamatan keluarga harus diutamakan dan didahulukan. Setiap keputusan harus memprioritaskan keluarga. Ketika permasalahan melanda, keutuhan keluarga haruslah dijadikan perhatian utama. Pekerjaan, karier, dan kepentingan lain harus dilandaskan pada kepentingan keluarga. Ini semacam komitmen membangun kepercayaan dan kesetiaan dalam keluarga.

2. Menghabiskan waktu bersama keluarga.

Menghabiskan waktu bersama anggota keluarga menunjukkan kesungguhan komitmen bahwa keluarga adalah orang-orang yang berharga dalam kehidupan. Kita sering mendengar orang berkomentar bahwa bukan kuantitas, tetapi kualitas waktulah yang sangat penting. Namun ternyata tidak semua keluarga memiliki masalah pada kualitas. Mereka juga membutuhkan kuantitas. seperti halnya kualitas agar terbangun hubungan yang abadi. Idealnya adalah kualitas dan kuantitas waktu bersama keluarga memiliki bobot yang sama.

3. Bekerjasama dalam memecahkan masalah.

Tidak ada keluarga tanpa konflik. Bekerja sama dalam keluarga menghadapi konflik dan krisis akan menghasilkan penyelesaian yang mengagumkan. Kekompakan dalam mencari penyelesaian akan memperkuat ikatan di dalam keluarga. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing harus menjadi bekal dalam menghadapi permasalahan yang terjadi pada keluarga. Permasalahan satu anggota keluarga merupakan beban yang harus diselesaikan bersama. Saling bantu-membantu keluar dari permasalahan keluarga.

4. Menghargai seluruh anggota keluarga.

Sebagai orang tua kita perlu menegaskan nilai dari setiap anggota keluarga. Betapa masing-masing mereka adalah pribadi unik dengan segala kelebihan yang mereka miliki. Mereka sepatutnya dihargai sebagai manusia yang istimewa dalam pandangan keluarga. Ekspresi dari penghargaan yang tulus ini akan memperkuat hubungan keluarga. Setiap anggota keluarga harus memainkan peran masing-masing sesuai fungsinya. Memberi kepercayaan kepada masing-masing anggota keluarga. Dengan saling menghargai akan tumbuh rasa kasih dan saying diantara anggota keluarga. Berujung pada keluarga yang bahagia.

Itulah 4 tips singkat membentuk keluarga yang bahagia. Membentuk keluarga yang bahagia dunia akherat bukanlah kemustahilan. Pasti kita bisa mewujudkannya. Yuks kita ingat-ingat lagi nasehat ketika di awal kita membentuk keluarga. Atau bisa juga pambaca lihat di Artikel Nasehat Pernikahan untuk Pengantin Baru. Semoga keluarga kita menjadi keluarga yang bahagia sakinah, mawaddah wa rahmah. Aamin.

0 comment

You may also like

Leave a Comment