Home Hidup Sehat Inilah Segudang Khasiat Pare yang Luar Biasa

Inilah Segudang Khasiat Pare yang Luar Biasa

by Umi Aga
Inilah Segudang Khasiat Pare yang Luar Biasa

Inilah segudang khasiat pare yang luar biasa. Manis jangan cepat ditelan, pahit jangan lekas dimuntahkan. Pepatah di atas mungkin berlaku pula untuk Pare. Yups, Sayur Pare memang identik dengan rasa pahit. Tapi jangan salah, di balik rasa pahitnya, Momordica Charantia memiliki segudang khasiat dan manfaat bagi kesehatan.

Anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae ini termasuk tumbuhan merambat yang hidup di daerah tropis asia. Orang Jawa menyebut sayur pare dengan Pepareh, Pare Pahit, atau Paria. Sedangkan di daerah lain orang menyebutnya Kambeh, Truwuk, Paitap, Belenggede, dan sebagainya. Apapun sebutannya, Pare sejak lama dipercaya dan digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Kandungan nutrisi berupa vitamin pada Pare antara lain vitamin A, Tiamina, Riboflavin, Niasin, Vitamin B6, Folat, Vitamin C, E, K. Sedangkan kandungan mineralnya antara lain Kalsium, Tembaga, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Potasium, Sodium, Seng, dan Air. Dengan segudang nutrisi ini, tak mengherankan jika Pare kaya manfaat dan khasiat.

Seluruh bagian tanaman pare mulai dari daun, akar, buah, hingga bijinya banyak mengandung zat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bahkan kita bisa menemukan ekstrak Pare dan dikemas dalam kapsul sebagai obat herbal atau jamu. Rasa pahit yang khas pada buahnya biasa diolah menjadi bahan campuran pada sajian gado-gado, rendang, pecel, dan sebagainya.

Nah, berikut inilah segudang manfaat dan khasiat Pare yang luar biasa rangkuman redaksi annidafashion.com hasil saduran dari berbagai sumber. Simak selengkapnya.

1. Membantu mengobati Tipes

Dalam sebuah riset ilmiah, Pare mengandung zat yang mampu menyembuhkan penyakit tipes. Penyakit yang memiliki gejala dan tanda berupa demam tinggi, sakit kepala, perut kembung, muntah, sembelit, diare, bahkan nyeri otot ini timbul karena infeksi bakteri Salmonella Typhi.

Sayuran dari Ordo Violales ini memiliki kandungan protein tinggi, mineral dan juga vitamin. Di mana khasiat pare ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi penyakit tifus secara alami. Senyawa aktif pada pare berpotensi sebagai antibakteri termasuk terhadap bakteri Salmonella typhi.

2. Meringankan penyakit Diabetes

William D.Torres pada tahun 2004 melakukan penelitian tentang khasiat Hipoglikemik pada sayur Pare. Dan terbukti, Hipoglikemik melalui insulin nabati mampu mengurangi kandungan gula dalam darah dan air kencing. Selain itu, Pare mengandung zat yang menyerupai sulfonylurea yang mampu memberi stimulasi sel beta kelenjar pankreas tubuh untuj memproduksi insulin lebih banyak.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor yang Luar Biasa untuk Kesehatan

A. Raman dan C. Lau peneliti Inggris pada tahun 1996 melalui penelitiannya menyatakan Pare sebagai obat penyakit gula darah. Penelitian ini menyatakan bahwa sari dan serbuk kering buah pare mampu mengurangi kadar glukosa dalam tubuh. Temuan ini makin menguatkan bahwa pare sangat baik dikonsumsi oleh penderita gula darah. tai tentu dengan porsi dan pengolahan yang tepat.

Inilah Segudang Khasiat Pare yang Luar Biasa

Inilah Segudang Khasiat Pare yang Luar Biasa

3. Membantu Mengatasi Penyakit HIV/AIDS

Dalam Jurnal Pendidikan Biologi UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung, Pare disebutkan memiliki kandungan kaya mineral nabati berupa kalsium, fosfor, dan karotenoid. Selain itu, secara khusus Pare memiliki kandungan zat alpha-momorchorin, betamomorchorin dan MAP30 (momordica antiviral protein 30) yang bermanfaat sebagai anti HIV/AIDS.

Temuan ini tentu saja memerlukan riset dan penelitian lebih jauh. Agar khasiat dan manfaat Pare untuk menyembuhkan penyintas HIV/AIDS dengan maksimal. Mengingat sampai saat ini belum ditemukan formula obat yang mampu menyembuhkan penderita HIV/AIDS dengan paripurna.

4. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat dan khasiat pare untuk kesehatan tubuh dan kecantikan hasil rangkuman redaksi annidafashion.com antara lain sebagai berikut:

Untuk kesehatan, pare bisa untuk obat alami sakit pencernaan terutama mengatasi sembelit. Pare juga mampu menjaga berat badan jadi cocok untuk konsumsi diet orang obesitas. Meningkatkan kesehatan mata, mengobati sariawan, mengatasi jerawat, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah stroke dan penyakit jantung, mencegah kanker.

Sedangkan untuk kecantikan pare mampu mencegah penuaan dini dan membuat awet muda, mengobati peradangan kulit, mencegah rambut rontok, mengurangi rambut berminyak, melembutkan rambut. Pare juga bisa mengatasi kulit kepala kering dan gatal rambut akibat ketombe, dan masih banyak khasiat lainya.

Temuan manfaat dan khasiat pare di atas tentunya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Agar tidak hanya klaim semata, tapi benar-benar terbukti secara ilmiah. Selain itu, manfaat serta khasiat pare juga tergantung pada respon tubuh masing-masing orang.

Selain itu, cara pengolahan pare yang benar serta jenis pare tentu berpengaruh terhadap manfaat dan khasiatnya. Dan juga bahan-bahan tambahan pada olahan pare. Nah, itu tadi ulasan tentang segudang khasiat dan manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

0 comment

You may also like

Leave a Comment