Home Hidup Sehat 3 Macam Buah Paling Bermanfaat untuk Kesehatan

3 Macam Buah Paling Bermanfaat untuk Kesehatan

by Umi Ririn
Buah paling bermanfaat untuk kesehatan

3 Macam Buah Paling Bermanfaat untuk Kesehatan – Buah menjadi salah satu makanan favorit untuk dikonsumsi karena banyak mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Konsumsi buah sangat dianjurkan sebagai penyeimbang asupan tubuh. Segudang manfaat bisa kita dapatkan dari mengonsumsi buah-buahan. Berbagai penelitian telah membuktikan betapa bermanfaatnya mengkonsumsi buah untuk kesehatan.

Konsumsi buah-buahan terutama sejak usia muda sangat bermanfaat untuk kesehatan di masa tua. Mengonsumsi makanan sehat semasa muda sangat penting untuk kesehatan. Dalam sebuah penelitian, mereka yang banyak mengonsumsi buah sejak usia muda, beresiko lebih rendah terserang penyakit degeneratif yang berbahaya dibandingkan yang sedikit mengonsumsi buah.

Berbagai penelitian membuktikan manfaat mengkonsumsi buah bagi kesehatan tubuh. Diantaranya mampu menjaga berat badan tubuh tetap ideal, menangkal penyakit-penyakit berbahaya, mampu mengurangi depresi, dan lain sebagainya. Selain mengkonsumsi makanan sehat, sholat tahajud juga bermanfaat untuk kesehatan, silahkan baca artikel sebelumnya di sini. Berikut ini 3 macam buah yang paling bermanfaat untuk kesehatan yang dirangkum oleh annidafashion.com Cekidot!

1. Buah Pisang Bermanfaat untuk Kesehatan.

Pisang adalah makanan sehat dan lezat. Harganya pun murah dan mudah didapat. Mulai dari supermarket hingga pasar tradisional, kita bisa mendapatkan pisang di mana-mana. Nutrisi yang banyak terkandung di dalam buah pisang tentu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Pisang juga punya segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk pencernaan, kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Buah Pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan

Buah Pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan

Buah pisang menjadi salah satu buah yang banyak digemari orang. Namun, di balik rasanya yang manis, pisang pun mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam pisang antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, potasium (kalium), dan magnesium.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa rajin makan pisang dan mengurangi keripik dapat mencegah stroke. Potasium (kalium) yang terkandung dalam pisang dapat menurunkan tekanan darah, sementara keripik pisang mengandung banyak garam yang dapat menaikkan tekanan darah. Kombinasi kedua hal itu dapat mencegah serangan stroke.

Penelitian lain menemukan bahwa orang dengan cukup asupan potasium memiliki risiko stroke 24 persen lebih kecil. Namun, para peneliti sebelumnya menemukan bahwa konsumsi potasium pada orang tua dapat berbahaya karena menyebabkan penurunan fungsi ginjal sehingga tidak dapat menghilangkan sisa-sisa potasium dari darah.

2. Buah Anggur Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat buah anggur banyak sekali untuk tubuh. Padahal nama buah yang satu ini sudah tidak asing lagi didengar. Tapi biasanya, orang-orang lebih senang mengetahui rasanya dibanding mengetahui manfaatnya. Atau, ada juga sebagian orang yang hanya senang makannya saja dan tak menghiraukan manfaatnya.

Buah Anggur sangat bermanfaat untuk kesehatan

Buah Anggur sangat bermanfaat untuk kesehatan

Dalam setiap butir anggur terdapat banyak sekali nutrisi. Mulai dari kalsium, kalium, magnesium, mangan, besi, serat, fruktosa, kobalt, reveratrol, dan pektin. Bukan hanya itu saja, buah anggur juga mengandung asam alami yang baik seperti asam folat, asam malat, asam sitrat dan asam tartarat.

Bukan itu saja, kandungan vitamin pun tidak kurang dalam buah kecil yang berbentuk butiran ini. Mulai dari vitamin K, vitamin C, vitamin E dan vitamin B. Tentu saja kandungan-kandungan ini membuat siapapun yang mengonsumsinya, akan mendapatkan manfaat yang baik bagi tubuh.

  • Berikut ini akan kami berikan paparan mengenai beberapa manfaat dari buah anggur.
  • Mengandung magnesium yang baik untuk mengurangi kram pada otot.
  • Kandungan zat besi pada anggur baik untuk mengatasi anemia selama dalam masa kehamilan.
  • Antioksidan yang ada pada anggur bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Kandungan air dan anti-inflamasi bisa membantu mengatasi asma dan arthritis.
  • Memberikan hidrasi yang baik untuk tubuh dengan memastikan paru-paru mendapatkan kelembapan yang pas.
  • Serat yang tinggi bisa membantu mengatasi sembelit.
  • Mencegah gigi berlubang dengan asam organiknya.
  • Kandungan polifenol pada anggur bisa menurunkan risiko penyakit jantung pada ibu hamil.
  • Pengencer darah alami yang cocok bagi ibu hamil.

3. Buah Kurma Bermanfaat untuk Kesehatan

Banyak sekali umat Muslim yang mengonsumsi buah kurma sebagai menu berbuka puasa. Rasanya yang manis ternyata didukung oleh segudang manfaat yang dimilikinya. Selain, mengenyangkan, mencegah asam lambung naik, dan rasanya yang manis ternyata ada banyak manfaat dan keberkahan buah kurma ini.

Buah Kurma sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia

Buah Kurma sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia

Kurma memiliki kandungan berbacam antioksidan sehingga bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Antioksidan akan memberikan perlindungan sel-sel tubuh dari berbagai macam radikal bebas yang bisa dianggap racun bagi tubuh manusia. Mengapa dianggap racun? Oleh karena radikal bebas memiliki sifat molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi yang berbahaya bagi tubuh dan menjurus pada timbulnya penyakit.

Kebanyakan kalori dari kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya sedikit dari protein. Selain kalori, kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting. Sebanyak 3,5 ons (100 gram) kurma mengandung nutrisi seperti di bawah ini, antara lain: Kalori 277 kkal, Karbohidrat 75 gram, Serat 7 gram, Protein 2 gram, Kalium 20% dari AKG, Magnesium 14% dari AKG, Tembaga 18 % dari AKG, Mangan 15% dari AKG, Zat besi 5% dari AKG, Vitamin B6 12% dari AKG.

Beberapa manfaat buah kurma diantaranya sebagai asupan terbaik untuk mengembalikan dan sumber energi tubuh, membantu mampu memperlancar persalinan pada ibu hamil, memperlancar dan memperbanyak produksi Air Susu Ibu (ASI), membantu memperbaiki fungsi otak dan menambah kecerdasan anak, sebagai vaksinasi alami pencegahan penyakit, dsb.

Nah, itu tadi 3 macam buah yang paling bermanfaat untuk kesehatan. Mari kita perbaiki pola makan kita dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan demi kesehatan, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Semoga bermanfaat.

0 comment

You may also like

Leave a Comment