Home Muslimah Cara Muslimah Berolahraga

Cara Muslimah Berolahraga

by Umi Ririn
Cara Muslimah Berolahraga

Bersepeda menjadi gaya hidup yang sedang nge-trend di tengah pandemi. Tak sedikit warga yang berasal dari berbagai golongan dan kalangan gemar nggowes. Tak hanya di pagi, sorehari, bahkan di malam haripun jalanan ramai oleh para gowes mania. Bersepeda memang menjadi trend baru. Sejumlah wanita muslimah tak ketinggalan ikut bersepeda. Selain  sarana olahraga, gowes menjadi sarana sosialisasi dan mengisi waktu luang.

Bersepada menjaga kesehatan tubuh. Tubuh butuh olah raga sementara hati butuh olah jiwa. Keduanya harus berjalan secara seimbang. Kesehatan adalah nikmat yang tak terkira nilainya. Orang akan merasa betapa mahalnya kesehatan pada saat ia jatuh sakit. Ada sebuah ungkapan yang berbunyi, “Health is not everything, but without health you are nothing.” Kesehatan bukan segalanya tapi dengan kesehatan kita bisa melakukan segalanya.”

Cara Muslimah Berolahraga

Cara Muslimah Berolahraga

Dalam lintasan sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw kita jumpai berbagai kegiatan yang berhubungan dengan olahraga atau aktifitas tubuh. Sebagai teladan bagi kita, Nabi telah banyak memberi contoh tentang perlunya kita berolah raga. Bukan hanya kepada kaum lelaki, kaum wanita pun dianjurkan berolah raga. Kita tentu ingat bagaimana Rasulullah pernah dua kali mengajak istrinya Sayyidah Aisyah lomba lari.

Olah Raga Muslimah

Seorang wanita muslimah juga bisa ikut ambil bagian dalam berolah raga seperti senam. Mereka bisa melakukan senam di tempat tertutup yang tidak ada orang lelaki bukan mahram di sana. Namun di lapangan terbuka di mana semua orang bisa datang dan menonton para wanita muslimah bersenam, pasti ini menimbulkan pro dan kontra, meski semua orang memakai jilbab dan menutup rapat aurat mereka.

Cara Muslimah Berolahraga

Cara Muslimah Berolahraga

Kita tahu bahwa aktifitas senam lebih terkonsentrasi kepada menggoyang-goyangkan badan untuk kebugaran dan kesehatan, yang bila ditempatkan pada tempat yang salah, bisa berdampak negatif dan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab. Untuk menghindari fitnah, sebaiknya ini dihindari. Prinsipnya, kita harus menolak fitnah jauh-jauh sebelum fitnah itu sendiri terjadi, paling tidak sebagai bentuk kehati-hatian dari seorang muslim.

Senam khusus wanita Muslimah harus dilakukan di tempat tertutup atau di tempat-tempat yang bebas dari kehadiran laki-laki bukan mahram. Islam tidak memandang olah raga dengan sebelah mata. Islam justru mendorong umatnya untuk menjadi kuat dan sehat, baik secara rohani dan jasmani. Kekuatan jasmani dan kesehatan menjadi modal besar dalam beramal shalih dan beraktifitas dalam urusan agama dan urusan dunia.

Terus bagaimana dengan para muslimah yang hoby gowes. Tentu saja tidak ada larangan. Bahakan dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Hanya saja memang dianjurkan memakai pakaian olahraga yang sesuai ketentuan syariat. Tentu saja memakai baju olahraga muslimah yang menutup aurat, tidak menunjukkan lekuk tubuh, tidak transparan. Mau tahu produk-produk baju dan gamis muslimah kece badai? Cek di website kami www.annidafashion.com.

0 comment

You may also like

Leave a Comment