Home Muslimah 6 Kiat Jitu Memilih Sekolah untuk Anak

6 Kiat Jitu Memilih Sekolah untuk Anak

by Umi Aga
6 Kiat Jitu Memilih Sekolah untuk Anak

6 Kiat Jitu Memilih Sekolah untuk Anak. Memilih sekolah untuk anak harus menjadi perhatian serius dari orang tua. Memilih sekolah yang tepat menjadi langkah awal dalam merancang kesuksesan anak di masa depan. Seperti pepatah β€œJika gagal merencanakan itu berarti merencanakan kegagalan”. Kita sebagai orang tua tentu saja tidak mau melihat anak-anak kita gagal di masa depan karena kesalahan orang tua dalam memilih sekolah dan merencanakan pendidikan untuk anak.

Orang tua harus benar-benar mempersiapkan diri serta merencanakan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Nah, berikut ini adalah beberapa kiat jitu yang bisa orang tua lakukan dalam memilih sekolah untuk anak didiknya.

1.Perhatikan sambutan pertama sekolah

Perhatikan baik-baik saat kita mulai datang ke sebuah sekolah dan bertanya tentang informasi sekolah. Apakah sambutannya baik, ramah, dan penjelasan informasi sekolah dengan sabar atau malah sebaliknya tidak ada yang menyapa, tidak ramah, tidak paham info dan bahkan di pingpong kesana kemari.

Itu artinya secara sistem dan kesiapan sekolah serta sumber daya menusianya masih berantakan dan tidak terkoordinasi dengan baik. Hal itu akan sangat berdampak pada anak, saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Jika gurunya tidak ramah pada saat kita saat itu, maka hampir bisa kita pastikan banyak guru yang tidak ramah, tidak sabar pada saat mengajar anak kita di sekolah.

2. Perhatikan komitmen sekolah

Pada saat kita bertanya tentang sekolah, perhatikan apakah sekolah meminta komitmen pada orang tua. Jika perlu komitemen itu dalam bentuk resmi hitam di atas putih untuk mengajak orang tua bekerjasama dalam menyelesaikan masalah anak secara tuntas hingga ke rumah.

Baca juga: 8 Tips Sukses Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Perhatikan pula apakah ketika pertama kali kita ke sekolah, justru pihak sekolah lebih banyak membahas syarat-syarat administrasi pendaftaran dan biaya-biaya yang harus kita bayarkan. Itu menunjukkan bahwa sekolah lebih mengutamakan keuangan dan berorientasi pada keuntungan materi daripada menyelesaikan masalah siswa.

Sekolah seperti ini akan lebih berfokus pada hal-hal administratif dan keuangan daripada permasalahan yang anak didik hadapai dalam proses pendidikannya. Sekolah seperti ini biasanya terlihat mentereng dan keren tapi siswanya banyak mengalami masalah dan tertekan dengan kondisi dan suasana sekolah.

3. Lihatlah suasana sekitar sekolah

Perhatikan apakah banyak tukang jualan makanan atau jajanan yang tidak resmi atau tidak jelas di depan atau sekitar sekolah. Perhatikan pula apakah sekolah tersebut memiliki kantin sendiri atau malah dianjurkan membawa bekal makanan dari rumah.

6 Kiat Jitu Memilih Sekolah untuk Anak

6 Kiat Jitu Memilih Sekolah untuk Anak

Jika sekolah membiarkan banyak tukang jualan makanan dan anak diperbolehkan membelinya, berarti sekolah tersebut tidak peduli pada kesehatan anak kita. Terutama kepedulian terhadap makanan yang berpotensi mengandung racun atau bahkan narkoba. Sebagaimana kita ketahui bersama melalui berita investigasi di media elektronik maupun cetak, banyak gula-gula atau jajanan yang disisipi bahan makanan tidak sehat dan berbahaya.

4. Perhatikan kondisi pergaulan di kantin sekolah

Pergilah ke kantin sekolah pada saat anak-anak istirahat dan makan di sana. Perhatikan apa yang dijadikan bahan obrolan mereka. Apakah mereka menggunakan kata-kata yang sopan atau sebaliknya. Perhatikan pula bagaimana cara bergaul mereka. Apakah pergaulan mereka dengan lebih banyak memuji atau saling mengejek atau bahkan malah membentuk β€œGeng” dan tidak membaur pada saat makan.

Baca juga: Inilah Cara Melatih Kecerdasan Anak Usia Dini

Jika anak membicarakan hal-hal negatif dan melakukan hal-hal negatif itu artinya perilaku itulah yang nanti akan ditularkan pada anak kita. Serta akan anak kita bawa pulang ke rumah. Hal ini berarti bahwa sekolah kurang peduli terhadap perkembangan akhlaq anak.

5. Cek kondisi kelas dan toilet sekolah

Coba pergilah ke toilet sekolah setelah melihat-lihat ruangan kelasnya. Apabila kondisi toilet sekolah kotor dan berbau, jelas bahwa sekolah tersebut tidak peduli dengan kebersihan. Toilet bisa kita jadikan barometer kepedulian dari pihak pengelola sekolah terhadap institusi pendidikan yang dia pimpin.

Kondisi lingkungan sekolah yang kotor dan tidak nyaman tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Selain itu, akan sulit menanamkan karakter dan kecintaan anak apada kebersihan. Karena sudah terbiasa dengan kondisi kotor di sekolah. Selain itu tentu saja akan mempengaruhi kesehatan anak.

6. Perhatikan sarana dan prasarana ibadah sekolah

Khusus untuk sekolah Islam, coba perhatikan ketersediaan dan kondisi sarana serta prasarana ibadahnya. Semisal masjid, musholla, tempat wudhu, kebersihan, dan keaktifan penggunaannya. Jika sarana ibadah terjaga dengan baik, terawat, dan kegiatan ibadahnya aktif maka itu berarti sekolah memperhatikan kualitas dan karakter spiritualitas anak didiknya.

Selain sarana dan prasarana ibadah di sekolah, perhatikan pula bagaimana sikap dan perilaku guru-gurunya. Kita bisa melakukan pengamatan sekilas dengan melihat bagaimana interaksi sesama guru pengajar. Kita bisa juga melakukan observasi secara langsung bagaimana guru ketika mengajar di kelas. Terkadang sekolah memfasilitasi hal ini dengan membuka free trial class. Nah, kita bisa memanfaatkan moment itu untuk merasakan secara langsung proses pemebalajar di kelas.

Nah, itu tadi beberapa kita jitu yang bisa orang tua lakukan ketika memilih sekolah untuk sang buah hati. Orang tua bisa melakukan beberapa kiat di atas jauh-jauh hari sebelum waktu pendaftaran sekolah dimulai. Orang tua bisa melakukan survey terhadap beberapa sekolah yang menjadi target. Kemudian menimbang dan memilih sekolah mana yang terbaik dan sesuai dengan harapan kita.

0 comment

You may also like

Leave a Comment